Selasa, 22 Januari 2013

PC atau Mac



Perdebatan tentang mana yang lebih baik sudah ada sejak PC dan Mac eksis di pasar. Tergantung pada siapa Anda bicara, beda pendapat selalu ada. Sementara banyak pengguna PC yang penggila Microsoft, kelompok lain ada yang hanya mau dengan Apple Mac.
Biaya

Bagi banyak pengguna, biaya adalah kuncinya; Anda ingin mendapatkan yang paling bagus untuk uang Anda. PC sebelumnya mendominasi pasar yang ramah anggaran, dengan Mac berkisar dari $100 sampai $500 lebih mahal dari PC setara. Saat ini, kesenjangan tersebut berkurang secara signifikan. Namun, Anda akan melihat beberapa fitur Mac yang cenderung berkurang dalam rangka memberikan harga yang lebih rendah:
Memori

Kebanyakan PC mana saja memiliki RAM dari 2GB hingga 8GB, sementara Mac biasanya hanya memiliki 1GB hingga 4GB. Perlu diingat, ini adalah untuk model standar, bukan model kustom.
Kapasitas Hard Drive

Mac biasanya memiliki hard drive lebih kecil dari PC. Ini bisa jadi karena beberapa file dan aplikasi Mac sedikit lebih kecil daripada yang PC miliki. Rata-rata, Anda masih akan melihat kesenjangan harga beberapa ratus dolar antara Mac dan PC yang setara. Untuk komputasi pada anggaran, PC menang.
Kompatibilitas

Berbeda dengan PC, Mac juga dapat menjalankan Windows. Jika Anda menginginkan yang terbaik dari dua dunia itu, Mac adalah pilihan terbaik Anda.
Stabilitas adalah faktor lain yang sebenarnya bisa membuat Mac lebih hemat biaya. Semua orang tahu crasch pada PC, dan Microsoft telah melakukan upaya agar sistem operasi mereka dapat lebih diandalkan. Namun, perangkat keras dan perangkat lunak Mac cenderung lebih stabil dan kecil kemungkinan crash secara acak.
Ketersediaan

Mac eksklusif untuk Apple. Ini berarti harga dan fitur yang sama tidak peduli di mana Anda berbelanja. Hal ini dapat membatasi ketersediaan Mac tapi dengan toko Apple baru, semakin mudah untuk membeli Mac dan aksesoris Mac di seluruh dunia. Pelayanan hanya dapat dilakukan oleh pusat dukungan resmi Apple dan eksklusivitas ini adalah salah satu alasan mengapa Mac lebih stabil.

PC, di sisi lain, tersedia dari berbagai pengecer dan produsen. Ini berarti kustomisasi lebih, kisaran harga yang lebih luas dan pelayanan yang tersedia di kebanyakan pengecer dan produsen. Hal ini juga membuat lebih mudah bagi Anda untuk melakukan upgrade dan perbaikan sendiri, karena mudah mencari komponennya.
Perangkat Lunak

Perbandingan terakhir mengenai perangkat lunak. Secara umum, keduanya sangat setara. Microsoft telah merilis Microsoft Office khusus untuk Mac, membuktikan Apple dan Microsoft bisa bersama-sama. Secara keseluruhan, Mac lebih kompatibel untuk perangkat lunak dibandingkan PC dan kedua sistem mendukung sebagian besar perangkat lunak kode terbuka. Pada akhirnya, pilihan kembali ke preferensi pribadi dan kebutuhan komputasi Anda.

source:http://beforeyoubuypc.intel.co.id/articles/pc-or-mac-the-big-debate
picture:epento.com

0 komentar:

Posting Komentar